Senin, 09 Januari 2012

Faktor Penyebab Konflik

Suatu konflik tidak akan mungkin dapat muncul tanpa adanya factor – factor penyebab. Factor – factor penyebab munculnya terjadinya konflik sangatlah bermacam – macan tergantung apada kondisi suatu masyarakat. Berikut ini adalah factor – factor penyebab terjadinya konflik yang umum terdapat pada kehidupan bermasyarakat.
1.      Perbedaan Antarindividu
Perbedaan antarindividu menyangkut perasaan, pendirian, pendapat maupun ide yang berkaitan dengan harga diri, kebanggaan, dan identitas diri seseorang.
2.      Perbedaan Kebudayaan
Perbedaan kebudayaan adalah perbedaan dalam hal nilai – nilai dan norma – norma sosial yang dimiliki, dianut dan dilestarikan  oleh individu maupun kelompok dalam kehidupan bermasayarakat.
3.      Perbedaan Kepentingan
Setiap individu memiliki kepentingan yang berbeda – beda. Kepentingan tiap individu bergantung pada kebutuhan hidup masing – masing individu.
4.      Perubahan Sosial
Perubahan sosial yang terjadi terlalu cepat dalam suatu kehidupan bermasayarakat dapat menyebabkan terjadinya guncangan nilai dan norma yang ada. Konflik terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara harapan masayarakat dengan kenyataan yang ada

Posted by Vidy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar